Welcome>>Selamat Datang Di Blog Marga Sung ^^

Minggu, 28 November 2010

MARGA TIONGHOA

Rumah leluhur Sung di Moijan-Tiongkok

Sebuah marga Tionghoa adalah kelompok patrilinial (menurut garis keturunan ayah) dan patrilocal orang tionghoa terkait dengan nama keluarga sebagai nenek moyang yang sama dan dalam banyak kasus merupakan sebuah rumah leluhur.

Deskripsi
Tradisi marga  cenderung lebih kuat di China selatan, diperkuat oleh ikatan sebuah desa leluhur, milik umum, dan dialek bahasa Tionghoa yang umumnya dimengerti (berbicara) kepada orang-orang luar desa. struktur marga cenderung lebih lemah di China utara, dengan anggota marga yang biasanya tidak tinggal di desa maupun tanah leluhur yang sama.

Tang hao
Sebuah Tong hao ( ) biasanya merupakan ruang leluhur yang digunakan untuk kelompok orang yang termasuk dalam nama keluarga (marga) yang sama . Biasanya sebuah kuil atau gereja didirikan sebagai tempat keturunan.  

Marga Permaisuri
Pada zaman kerajaan, sebuah marga  permaisuri adalah marga dengan status khusus karena hubungannya dengan Kaisar. Sepanjang sejarah tiongkok marga  permaisuri telah menggunakan kekuatan besar di berbagai waktu. Ada unsur perebutan beberapa kekuasaan oleh marga permaisuri, yang paling terkenal Ratu Dinasti Han, Janda Lu (Hanzi: 呂太后; pinyin: Lǚ Tàihòu), Dinasti Tang, Kaisar Wu (Hanzi (sederhana): ; Hanzi (tradisional): ; pinyin : Wǔ Zétiān), dan Dinasti Qing, Janda Kaisar Cixi (Hanzi: 慈禧太后; pinyin: tàihòu Cíxǐ). Dinasti Han, perampasan Wang Mang yang adalah kerabat janda kaisar agung Wang.

Selama dinasti Qing, pemerintah
kerajaan mendorong marga tionghoa untuk mengambil beberapa fungsi pemerintah seperti  terlibat dalam kesejahteraan sosial dan pendidikan dasar.

Marga yang umum digunakan
Menurut sebuah studi oleh Li Dongming (栋明) yang dipublikasikan dalam artikel "Marga" () dalam Majalah Dongfang (东方杂志) (1977), urutan marga Tionghoa paling umum adalah:

Urutan 1-10, yang mencakup hampir 40% pemilik nama Tionghoa di dunia:
  • Li
  • Wang
  • Zhang /,
  • Zhao /,
  • Chen /,
  • Yang /,
  • Wu /,
  • Liu /,
  • Huang /,
  • Zhou
Urutan 11-20, yang mencakup lebih dari 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:
  • Xu ,
  • Zhu ,
  • Lin ,
  • Sun /,
  • Ma /,
  • Gao ,
  • Hu ,
  • Zheng /,
  • Guo ,
  • Xiao /
Urutan 21-30, yang mencakup hampir 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:
  • Xie /,
  • He ,
  • Xu /,
  • Song ,
  • Shen ,
  • Luo /,
  • Han /,
  • Deng /,
  • Liang ,
  • Ye /
Urutan 31-45, yang mencakup hampir 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:
  • Fang ,
  • Cui ,
  • Cheng 程、
  • Pan ,
  • Cao ,
  • Feng /,
  • Wang ,
  • Cai ,
  • Yuan ,
  • Lu /,
  • Tang ,
  • Qian /,
  • Du ,
  • Peng ,
  • Lu /

13 komentar:

  1. Pagi, nama saya Erick asal dari Bandung.
    papah saya bermarga Sung, sudah lama saya mencari buku besar susunan generasi marga Sung.
    Saya ingin tahu mengenai penamaan yang benar.
    Apa mungkin bisa bantu.

    email: siemen40@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi, nama saya sugiarto asal dari malang.
      saya bermarga Sung, sudah lama saya mencari buku besar susunan generasi marga Sung.
      Saya ingin tahu mengenai penamaan yang benar.
      Dr histori perkumpulan marga sung, anda telah mendpt email tentang hal tsb.
      Bisa kah saya minta salinannya?
      Apa mungkin bisa bantu.

      Hapus
  2. sdr, dr_erick82 yth,
    pertanyaan sdr sudah kami jawab secara panjang lebar melalui email sdr. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya marga sung, saya ingin memberi penamaan yg benar pada anak2 saya, adakah buku besar urutan cara penamaan marga sung

      Hapus
    2. Pagi, nama saya sugiarto asal dari Malang,
      saya bermarga Sung, sudah lama saya mencari buku besar susunan generasi marga Sung.
      Saya ingin tahu mengenai penamaan yang benar.
      Apa mungkin bisa bantu.

      Hapus
  3. Permisi saya Alfonsus Bayu...
    saya bermarga Fang...
    saya ingin mengetahui urutan nama generasi untuk marga Fang...
    mohon bantuannya...

    email : dirgantara.alfonsusbayu@yahoo.com

    terima kasih...

    BalasHapus
  4. Malam,,saya sung djit siau papah sung djit lie,,bisa bantu email silsilah marga besar sung sama foto foto nenek/ kakek moyang rumah kediaman d tiongkok,saya mau tau.terimakasih
    Sams.tsp@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama kakek saya Sunh Dji Fa dan bapak saya Sung khin fu dan saya Maranatha Sung..saya juga mau tau sejarah marga sung

      Hapus
  5. Malam,,saya sung djit siau papah sung djit lie,,bisa bantu email silsilah marga besar sung sama foto foto nenek/ kakek moyang rumah kediaman d tiongkok,saya mau tau.terimakasih
    Sams.tsp@gmail.com

    BalasHapus
  6. Malam.. Saya bima tigana cahyono
    Katanya marga saya itu CHU
    tapi waktu saya mencarinya.. kok tidak ada?
    Mohon bantuannya..
    Bima.tigana2141@gmail.com

    BalasHapus
  7. Salam, apakah di surabaya ada panguyuban marga Xiao/萧 dan atau apakah di surabaya ada perkumpulan etnis Hing Hua / 兴化人? Mohon anda tau mohon kabari ya di: pangestu899@yahoo.com Matur Suwun.

    BalasHapus
  8. Salam marga saya 湯 , saya mencari buku besar susunan generasi marga saya.
    Mohon Informasi kemana saya harus mendapatkan informasi yang benar???
    email saya budihartonoatatang@gmail.com

    BalasHapus
  9. Maaf,,,,saya adalah salah 1 dr keturunan dr marga sung...bgmn cara Mengetahui silsilah marga sung...makasih

    BalasHapus